18 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan herbal. Mulai dari pembuatan masker alami hingga penggunaan herbal di apotik, jerawat di pipi bisa hilang.

Salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh mayoritas orang adalah jerawat di wajah. Anda dapat mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami ataupun menggunakan obat oles jerawat yang sudah banyak tersedia di apotik.

Selain mengobati, Anda juga dapat menerapkan beberapa gaya hidup yang lebih sehat untuk mencegah jerawat datang lagi. Mulai dari olahraga rutin hingga mengonsumsi cukup air putih, tubuh juga akan terasa lebih segar dengan kesehatan terjaga.

Baca juga: 15 Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Terbukti

obat oles jerawat nourish beauty care acne gel

Beli Nourish Beauty Care Acne Gel Klik di Sini

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Selain mengandalkan berbagai produk kecantikan, Anda juga dapat memanfaatkan cara-cara alami untuk menghilangkan jerawat secara cepat. Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan Aloevera

Aloevera merupakan herbal yang memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi terbaik dalam menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain itu, aloevera juga bekerja ampuh untuk melembabkan kulit.

Anda dapat mengambil gel aloevera langsung dari daunnya, kemudian dioleskan ke kulit yang berjerawat. Apabila tidak ingin repot mengolah sendiri, saat ini sudah banyak produk kesehatan kulit yang memiliki kandungan 100% aloevera murni dan bebas pewangi.

2. Memanfaatkan Madu

Memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan, madu juga dapat menjadi obat jerawat alami. Antioksidan dan juga efek antimikroba dalam madu bekerja ampuh dalam menghilangkan jerawat.

Bagaimana cara memanfaatkan madu untuk menghilangkan jerawat? Anda dapat menggunakan cotton bud untuk mengoleskan madu secara langsung ke area yang berjerawat.

Selain itu, madu juga dapat dioleh menjadi masker wajah dengan dikombinasikan bersama bahan herbal lainnya seperti perasan lemon.

nusantara madu murni obat jerawat alami

Beli Madu Murni Nusantara Klik di Sini

Baca juga: 15 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

3. Masker Teh

Tahukah Anda bahwa teh memiliki banyak manfaat untuk kecantikan? Sifat anti inflamasi dan anti bakteri pada teh bekerja ampuh dalam meredakan peradangan yang menjadi penyebab jerawat muncul.

Anda cukup mengolah ampas teh celup menjadi masker untuk menghilangkan jerawat. Campurkan perasan air lemon, madu dan juga ampas teh kemudian langsung oleskan pada wajah secara merata.

Diamkan masker teh Anda selama 5-10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Ulangi penggunaan masker teh ini untuk 1-2 kali dalam seminggu. Selain menghilangkan jerawat, masker teh juga dapat membuat kulit terlihat lebih awet muda.

4. Mengoleskan Tea Tree Oil

Sifat anti inflamasi dan antimikroba dari tea tree oil dapat membantu Anda dalam mengatasi peradangan yang menyebabkan jerawat. Anda dapat mengoleskan tea tree oil langsung ke wajah yang berjerawat.

Perlu diperhatikan bahwa wajah harus dalam keadaan bersih sebelum diolesi tea tree oil. Apabila kulit sudah terasa kering setelah menggunakan tea tree oil, segera tindak lanjuti dengan pelembab.

5. Masker Putih Telur

Enzim lysozyme dalam putih telur memiliki manfaat ampuh dalam menghilangkan jerawat pada wajah. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, cukup kombinasikan saja bersama dengan air perasan lemon.

Kombinasi putih telur dan air perasan lemon tersebut dapat Anda gunakan sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu segera bilas menggunakan air bersih.

6. Bawang Putih

Dikenal sebagai salah satu rempah penuh manfaat, bawang putih juga ampuh dalam menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Anda cukup memotong bawang putih menjadi kecil-kecin, kemudian tempelkan langsung pada jerawat.

Sensasi perih mungkin saja Anda rasakan, namun Anda harus menahannya selama 15 menit lamanya. Setelah itu, segera bilas wajah Anda menggunakan air bersih.

7. Mengompres Jerawat dengan Teh Hijau

Menghilangkan jerawat secara alami dalam 1 hari? Anda dapat memanfaatkan teh hijau yang kaya antioksidan untuk mengatasi jerawat.

Seduh terlebih dahulu teh hijau dengan air mendidih, lalu biarkan hingga dingin. Setelah beberapa menit, celupkan kapas ke dalam seduhan teh hijau tadi lalu tempelkan langsung pada kulit berjerawat. Kompres selama kurang lebih 10 menit untuk 1-2 kali dalam sehari.

8. Masker Mentimun

Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin tinggi, mentimun dapat Anda manfaatkan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat secara alami. Aplikasikan masker tersebut selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

Bagaimana cara membuat masker mentimun? Cuci bersih mentimun terlebih dahulu, kemudian haluskan menggunakan blender. Setelah membentuk tekstur pasta cair, saring dan tambahkan 1 sendok madu ke dalamnya.

9. Minyak Jojoba

Berbagai kandungan bermanfaat dalam minyak jojoba ampuh dalam menghilangkan jerawat secara alami. MInyak ini akan membantu Anda untuk mengurangi minyak berlebihan di area kulit berjerawat.

10. Kompres Menggunakan Es Batu

Peradangan pada jerawat dapat dikurangi menggunakan es batu. Anda cukup membungkus es batu secukupnya dengan kain bersih, lalu tempelkan pada kulit berjerawat selama beberapa menit.

Cara ini juga sangat efektif untuk meredakan kemerahan dan pembengkakkan pada jerawat. Anda dapat melakukan kompres jerawat menggunakan es batu ini selama beberapa kali dalam sehari.

11. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit, mulai dari melembabkan kulit, menghilangkan flek hitam hingga mengatasi jerawat. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa berperan sebagai antimikroba alami untuk menghilangkan jerawat.

Anda dapat mengoleskan minyak kelapa langsung pada kulit berjerawat secara rutin. Tidak hanya sekedar jerawat hilang, penggunaan rutin minyak kelapa dapat membantu kulit terasa lebih halus.

menghilangkan jerawat alami virgin coconut oil

Beli Mutia Virgin Coconut Oil Klik di Sini

12. Mengoleskan Potongan Tomat pada Jerawat

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada tomat memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Untuk menghilangkan jerawat, Anda dapat memotong lembut tomat kemudian mengoleskan langsung pada wajah berjerawat.

Setelah mengoleskan pada wajah, diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih. Selain ampuh mengobati jerawat, tomat juga dapat membantu kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

13. Memanfaatkan Cuka Apel

Terbuat dari sari buah apel membuat herbal yang satu ini memiliki efek antibakteri. Kandungan asam dalam cuka apel dapat membantu Anda untuk menghilangkan jerawat secara cepat.

Cuka apel terbukti ampuh dalam mengeksfoliasi sel kulit mati sehingga juga membantu Anda untuk mengatasi bekas jerawat. Namun perlu diketahui, kandungan asam dalam cuka apel mungkin saja tidak cocok digunakan pada kulit wajah yang sensitif.

Saat ini cuka apel telah banyak tersedia di banyak tempat, termasuk di apotik. Tidak perlu repot membuatnya sendiri, produk Tahesta Cuka Apel dapat menjadi solusi praktis mengatasi jerawat untuk Anda.

menghilangkan jerawat alami dan cepat tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

14. Masker Alpukat

Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, buah alpukat ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan. Kandungan vitamin E di dalamnya ampuh dalam meredakan peradangan pada kulit wajah, memberikan efek melembabkan dan mencerahkan.

Bagaimana cara mengolah alpukat untuk mengatasi jerawat? Anda dapat menghaluskan alpukat, kemudian campurkan dengan madu untuk membuat masker wajah. Aplikasikan langsung pada wajah, diamkan sebentar lalu bilas menggunakan air bersih.

nutrahealth vitamin e menghilangkan jerawat secara alami

Beli Nutrahealth Vitamin E Klik di Sini

Cara Menghilangkan Jerawat melalui Gaya Hidup

Untuk mengatasi jerawat, tidak cukup hanya dengan mengandalkan masker wajah atau obat oles saja. Gaya hidup yang lebih sehat dapat memengaruhi jerawat hilang lebih cepat dan juga mencegahnya datang kembali.

Berikut ini merupakan beberapa gaya hidup yang dapat Anda coba lakukan untuk menghilangkan dan juga mencegah jerawat.

1. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kulit. Rutin berolahraga dapat membantu Anda membuka pori-pori tersumbat pada kulit yang menjadi penyebab jerawat.

2. Lakukan Eksfoliasi pada Kulit secara Teratur

Eksfoliasi dapat membantu Anda dalam membersihkan kulit mati, mencegah kotoran menumpuk pada kulit wajah yang menjadi pemicu jerawat. Anda dapat melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu dan pastikan menggunakan eksfoliator berbahan lembut.

3. Mengonsumsi Cukup Air Putih

Air putih merupakan asupan penting yang dibutuhkan tubuh dalam memaksimalkan fungsi setiap bagian, termasuk menciptakan kulit sehat. Dengan minum air putih minimal 2 liter sehari, kesehatan tubuh pun akan lebih terjaga.

4. Selalu Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Apakah Anda sering memakai riasan atau aktivitas harian yang membuat wajah terpapar debu berlebih? Pastikan untuk selalu membersihkan wajah Anda sebelum tidur untuk menghindari pori-pori tersumbat penyebab jerawat.

Salah satu cara membersihkan wajah yang disarankan adalah double cleansing. Bersihkan kulit wajah dengan cairan pembersih terlebih dahulu sebelum mencucinya menggunakan sabun cuci muka dan air bersih.

Itulah tadi berbagai rekomendasi cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang dapat Anda coba lakukan. Penanganan dokter kulit mungkin saja dibutuhkan ketika jerawat semakin parah dan menyebabkan masalah kulit lainnya.

Butuh obat, vitamin ataupun produk farmasi tanpa perlu repot keluar rumah? K24Klik kini tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat. Semua jadi beres, beli obat online lebih praktis bersama K24Klik!

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322455 diakses pada 14 September 2023

https://www.nuffieldhealth.com/article/9-steps-to-improving-acne-prone-skin diakses pada 15 September 2023