Share this:
Cara membuat anak
https://unsplash.com

Kehamilan dapat terjadi melalui proses pembuahan atau bertemunya sel telur dengan sperma. Namun terkadang hubungan intim yang dilakukan belum membuahkan hasil. Apakah Sobat Sehat termasuk salah satunya? Jika ya, mari ketahui cara membuat anak agar cepat hamil dengan membaca artikel ini hingga usai!

Mengetahui Siklus Haid Terlebih Dahulu

Mengetahui siklus haid merupakan hal yang penting dalam proses pembuahan. Siklus haid yakni rentan jumlah hari dari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Dengan menghitung siklus haid tersebut, Sobat Sehat dapat mengetahui kapan masa subur.

Seorang wanita dengan siklus haid 28 hari memiliki 6 hari masa subur. Hubungan intim yang dilakukan pada masa itu memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk terjadinya kehamilan.

Buatlah catatan siklus haid Sobat Sehat, dengan menandai tanggal hari pertama haid sebagai hari ke-1. Catat siklus haid selama beberapa bulan, dan Sobat Sehat akan mengetahui siklus haid terpanjang dan siklus haid terpendek. Setelah itu, Sobat Sehat dapat menghitung masa subur.

Cara Membuat Anak dengan Menghitung Masa Subur

mencatat siklus haid
https://www.pexels.com

Setelah melakukan pencatatan siklus haid minimal selama 8 bulan, Sobat Sehat dapat menyesuaikan rumus sebagai cara menghitung masa subur.

  • Siklus terpendek dikurangi 18 hari. Hasilnya merupakan hari pertama masa subur. Misalnya siklus terpendek yakni 27 hari. Makan hari pertama masa subur adalah hari ke-9.
  • Siklus terpanjang dikurangi 11. Hasilnya merupakan hari terakhir masa subur. Misal siklus terpanjang 30 hari. Maka hari terakhir masa subur adalah hari ke-19.

Hari lainnya diantara dua tanggal tersebut, merupakan masa subur yang memiliki kemungkinan hamil lebih tinggi.

Mengamati Lendir Serviks sebagai Penanda Masa Subur

Cairan atau lendir serviks yang keluar setelah haid dapat menjadi penanda masa subur. Lendir serviks akan mengalami perubahan warna dan tekstur tergantung tingkat hormonnya. Untuk mencermatinya gunakan tisu ataupun jari untuk mencapai posisi serviks. Berikut perubahan warna dan tekstur tersebut:

  • Setelah haid, lendir serviks sangat sedikit, tampak keruh dan lengket. Masa ini bukan merupakan masa subur.
  • Selanjutnya lendir serviks akan berubah menjadi lebih jernih dan licin seperti putih telur. Saat lendir ini jumlahnya semakin banyak itu berarti masa subur sudah dekat.
  • Kemudian tiga hari berikutnya akan muncul lendir serviks yang dapat direntangkan hingga menyerupai benang. Setelah itu, satu atau dua kemudian lendir serviks akan bertambah banyak dan bertekstur licin. Saat ini merupakan masa subur dimana peluang kehamilan lebih besar.

Namun jika Sobat Sehat memiliki siklus haid yang pendek, maka lendir serviks masa subur akan dimulai tidak lama setelah haid selesai. Sebaliknya jika Sobat Sehat memiliki siklus haid yang panjang, maka masa-masa keluarnya lendir sedikit dan lengket akan lebih lama sebelum lendir penanda masa subur muncul.

Tindakan yang dapat Dilakukan agar Cepat Hamil

Sex position
https://unsplash.com

Selain beberapa hal diatas, perlu adanya tindakan yang dapat dilakukan untuk mendukung cara membuat anak agar cepat hamil, yaitu:

  1. Melakukan aktivitas seksual secara teratur, 2-3 kali per minggu serta satu kali setiap hari menjelang masa subur.
  2. Berbaring kira-kira 10-15 menit setelah berhubungan.
  3. Melakuakan beberapa variasi posisi berhubungan intim.
  4. Menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga berat badan ideal, olahraga teratur, dan mengkonsumsi makanan sehat.
  5. Mengkonsumsi vitamin yang mengandung asam folat saat merencanakan kehamilan. Asam folat merupakan vitamin yang sangat penting untuk perkembangan janin.
  6. Meninggalkan kebiasaan tidak sehat seperti, mengkonsumsi alkohol, merokok dan obat bebas tanpa rekomendasi dokter.
  7. Hindari penggunaan pelumas vagina karena produk tersebut dapat menurunkan kesuburan.
  8. Menghindari olahraga yang berlebihan, karena dapat mengganggu kesuburan wanita.

Cara membuat anak yang sudah dijelaskan di atas, tetap membutuhkan kesabaran dari istri maupun suami. Bila perlu, kunjungi dokter kandungan untuk membantu merencanakan kehamilan Sobat Sehat. Semoga berhasil!

Sumber : dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *