Buah dan Sayur Beda Warna, Beda Pula Manfaatnya

Published by K24Klik on

buah dan sayur beda warna

Buah dan Sayur Beda Warna, Beda Pula Manfaatnya

Buah dan sayur merupakan superfood yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah sobat sehat? Masing-masing warna pada buah dan sayur yang kita konsumsi ternyata melambangkan manfaatnya, lho!

buah dan sayur beda warna

Manfaat buah dan sayur beda warna

Sebelum sobat sehat memutuskan mengkonsumsi satu jenis buah atau sayur dengan warna tertentu, yuk, cari tahu dulu manfaat masing-masing buah dan sayur tersebut.

  1. Oranye dan Kuning

Buah dan sayur berwarna oranye dan kuning seperti jeruk, ubi jalar, lemon, limau, pisang, nanas, jagung, pir, mangga, wortel, aprikot, papaya, dan labu kuning mengandung antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Buah dan sayur ini juga mengandung beta-Caroten dan kaya akan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan penglihatan dan meningkatkan produksi pigmen retina. Zat tersebut juga berkhasiat menjaga kesehatan kulit.

2. Merah

Buah dan sayur dengan warna merah seperti apel, jeruk bali, jambu biji, buah bit, semangka, anggur, ceri, tomat, dan stroberi mengandung lycopene. Yaitu, pigmen warna pada buah dan sayuran yang berwarna merah, merah muda atau oranye. Selain sebagai sumber vitamin A dan E, lycopene ini juga bekerja sebagai antioksidan, berfungsi melindungi pembuluh darah dan serabut otot, memperlambat pengerasan arteri, dan mencegah beberapa jenis kanker.

3. Hijau

Jenis buah dan sayur seperti kacang polong, paprika, kiwi, bayam, brokoli, sawi, kale, dan apel hijau mengandung phytochemical. Zat tersebut berupa lutein dan zeaxanthin yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker, berperan membantu produksi sel darah merah, menguatkan otak, dan meningkatkan imunitas.

4. Biru dan Ungu

Sedangkan buah dan sayur berwarna biru dan ungu alami mengandung pigmen antosianin dan flavonoin. Pigmen ini memiliki khasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi otak dari kerusakan. Zat tersebut juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, bekerja sebagai anti radang, dan sumber zat besi.

Buah dan sayur jenis ini ternyata juga mampu meningkatkan fungsi penglihatan. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain blueberi, raspberi, buah ara, anggur, prune, buah plum, kismis dan terong.

5. Putih

Selain buah dan sayur berwarna, ternyata ada juga buah dan sayur tidak berpigmen tapi bermanfaat bagi kesehatan seperti kembang kol, sirsak, lobak, sawi putih, taoge, bawang putih, dan bawang bombai yang mengandung alicin. Buah dan sayur ini dapat membantu mengontrol kolesterol dan tekanan darah, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

 

Nah, sobat sehat sudah tahukan, buah dan sayur beda warna, beda pula manfaatnya. Semakin banyak warna buah dan sayur di piring kita, makin sehat pula badan kita. Selain sehat, komposisi buah dan sayur yang beragam di piring kita akan membuat lebih bersemangat makan.

Sumber : Dari berbagai sumber


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *