Share this:

Buah Bit dan Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

buah bit dan manfaatnya

Siang hari yang terik, alangkah menyegarkan jika meneguk segelas jus buah segar. Namun, bagaimana jika yang tersedia di dalam kulkas hanya buah bit? Uughhh… Buah bit kan tidak enak rasanya. Rasa haus tiba-tiba menguap begitu saja membayangkan rasa buah yang tidak bersahabat dengan lidah ini.

Eits, sobat sehat, jangan berkecil hati dulu. Buah yang termasuk dalam jenis umbi-umbian ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho, salah satunya untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi). Buah bit sebenarnya termasuk jenis sayuran berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah.

Berdasarkan hasil penelitian dari Queen Mary, University of London, buah Bit mengandung banyak nitrat inorganik, bahan kimia alami yang terdapat pada tanah. Buah bit mengambil nitrat tersebut melalui akar dan digunakan untuk proses pertumbuhan.

Konsumsi buah bit akan menghasilkan oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat ini yang nantinya melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah lebih lancar dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, pigmen merah betacyanin dalam bit diduga dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

buah bit

Cara Enak Mengkonsumsi Buah Bit dan Manfaatnya

Nah, agar rasa jus buah bit lebih enak, campur buah bit segar dengan jeruk segar atau buah favorit sobat sehat seperti buah apel, wortel, atau semangka dengan presentase buah bit 3/4 lebih banyak dibandingkan dengan buah campurannya, lalu blender hingga halus. Bisa juga ditambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Masukkan potongan es ke dalam campuran jus tersebut dan sajikan selagi masih segar.

Selain diolah dalam bentuk jus segar, buah bit juga dapat dinikmati dengan cara lain. Berikut resep cara mengkonsumsi buah bit yang direkomendasikan :

Beet-Juice-Recipe-3-1200

1. Untuk campuran salad. Untuk mengurangi efek aroma yang kurang sedap, sobat sehat bisa mengiris buah bit dengan potongan yang tipis. Tambahkan yogurt atau perasan jeruk lemon sebagai dressing salad.

2. Dengan cara dipanggang. Teknik pengolahan yang satu ini bisa jadi alternatif cara menikmati bit dengan sensasi rasa yang lebih bisa diterima lidah. Bungkus buah bit dengan kertas aluminium foil dan panggang hingga matang. Gula alami yang terkaramelisasi membuat rasa bit semakin lezat.

Tak kenal maka tak sayang, tak tahu resep jitu mengolah buah bit membuat kita tidak dapat menikmati manfaatnya. Yuk, sobat sehat coba praktekan resep mengkonsumsi buah bit di atas agar sobat sehat tidak kehilangan manfaat dari buah yang satu ini.(Dev/Wind)

 

Sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *