Berantas DBD dengan 3 M Plus

Published by K24Klik on

Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia menjadi salah satu negara yang berpotensi mengalami kasus luar biasa untuk penyakit Demam Berdarah Dengue. Terlebih pada saat musim penghujan datang, curah hujan yang tinggi dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, yang menularkan virus DBD.

Hingga saat ini belum ada obat dan vaksin yang dapat mencegah penyakit DBD. Pengobatan terhadap penderita DBD hanya bersifat simtomatis dan suportif. Sehingga tindakan pencegahan DBD yang paling efektif adalah dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan DBD. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Adapun pemberantasan sarang nyamuk ini, dapat dilakukan dengan menerapkan 3 M Plus. 3 M antara lain :

pencegahanDBD

  1. Menguras

Bersihkan tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es, dan penampungan air lainnya.

  1. Menutup

Tutup rapat-rapat tempat penampungan air, seperti drum, kendi, gentong, galon air, dan sebagainya.

  1. Mengubur atau memanfaatkan kembali (mendaur ulang) barang-barang bekas yang memiliki potensi menjadi sarana perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Adapun untuk Plus adalah segala tindakan pencegahan seperti :

  1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air

  2. Menggunakan obat nyamuktanaman pengusir nyamuk (1)

  3. Menggunakan kelambu saat tidur

  4. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk

  5. Menanam tanaman pengusir nyamuk

  6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah

  7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah, karena dapat menjadi tempat istirahat nyamuk/ sarang nyamuk.

Dalam upaya pencegahan penularan penyakit DBD ini, diperlukan peran serta dan kesadaran masyarakat dalam bergotong royong melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk bersama. Dengan lingkungan yang sehat, kualitas hidup masyarakat sehat pun akan tercapai, sehingga resiko penularan DBD dapat ditekan. Lingkungan yang bersih, tidak hanya membuat Anda terhindar dari penyakit DBD saja. Namun, juga melindungi Anda dan keluarga dari ancaman penyakit lain.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *