Bahaya Mengupil, Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan

Published by Dewi Dwiputri on

Bahaya Mengupil, Kebiasaan Buruk yang Sering Kita Lakukan

bahaya mengupil

https://www.freepik.com

Sobat Sehat, mengupil umumnya bertujuan untuk membersihkan hidung dari kotoran dan benda-benda asing. Sebenarnya “ngupil” bukan merupakan kegiatan yang membahayakan kesehatan. Namun apabila “ngupil” dilakukan terlalu sering dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh. Apalagi jika jari yang digunakan dalam keadaan kotor.

Yuk, simak apa saja bahaya dari kebiasaan mengupil :

1. Bahaya Mengupil, Mudah Terserang Flu

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat menular melalui beberapa cara salah satunya melalui udara. Namun ternyata virus ini juga dapat ditularkan melalui tangan Sobat Sehat sendiri yang kotor saat mengupil. Apabila telah terinfeksi virus flu Sobat Sehat akan merasakan gatal-gatal pada hidung, radang tengorokan, bersin-bersin dan akhirnya terserang flu-pilek.

2. Menimbulkan Bisul pada Hidung

Sebagian besar orang mengupil dengan jarinya. Ketika jari yang dimasukkan ke dalam lubang hidung tidak bersih dan penuh bakteri, makan bakteri tersebut dapat berpindah dari jari ke bagian dalam hidung. Bakteri yang umumnya ditemukan pada saat mengupil adalah Staphylococcus Aerius. Jenis bakteri ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam hidung. Jika jerawat atau bisul ini terbentuk, maka akan menutup saluran pernafasan. Akibatnya Sobat Sehat akan susah untuk bernafas.

3. Rontoknya Rambut pada Hidung

Rambut pada hidung (silia) berfungsi untuk menyaring debu, bakteri dan virus patogen, serta benda-benda asing yang masuk ke rongga hidung. Tanpa rambut silia ini, beberapa jenis penyakit yang menular melalui udara dapat masuk ke dalam tubuh. Nah, saat Sobat Sehat “ngupil” jari yang masuk ke rongga hidung dapat merontokkan silia tersebut. Apabila ini dilakukan terlalu sering dapat menghilangkan rambut silia dan virus serta bakteri pun akan mudah masuk ke dalam tubuh.

4. Terlukanya Lapisan Rongga Hidung (Mimisan)

bahaya ngupil

https://www.freepik.com

Mimisan atau keluarnya darah dari rongga hidung juga merupakan bahaya dari mengupil. Saat mengupil, kuku jari dapat melukai bagian dalam hidung kemudian menyebabkan luka dan perdarahan.

5. Perforasi Septum

Bahaya mengupil selanjutnya adalah perforasi septum, yakni kondisi dimana sekat antara lubang hidung sebelah kanan dan kiri terbuka atau mengalami luka. Biasanya keadaan ini terjadi karena mengupil terlalu dalam. Perforasi septum akan menimbulkan mimisan hingga perlunya melakukan operasi untuk kasus yang parah.

6. Meningitis

Pada hidung terdapat tulang ethimoid yakni tulang pemisah antara hidung dengan otak. Apabila Sobat Sehat mengoreknya terlalu dalam, maka dapat meyentuh sinus bagian dalam dan menusuk tulang ethimoid. Sehingga dapat berakibat bocornya cairan diotak yang dapat menyebabkan meningitis (radang selaput otak).

Selain dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan diatas, “ngupil” juga merupakan kebiasaan yang buruk. Sobat Sehat dapat dianggap tidak sopan jika melakukannya di depan umum dan tentunya akan menjadi bahan omongan serta objek lelucon teman-teman disekitar Sobat Sehat.

 

Sumber : dari berbagai sumber


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *