Loading …

Ingin Diet? Hati-hati Terkena Anoreksia Penyakit Gangguan Makan

Share this:

Anoreksia Penyakit Gangguan Makan

anoreksia penyakit gangguan makan
https://www.healthyplace.com

Anoreksia nervosa atau lebih dikenal dengan anoreksia merupakan gangguan makan yang ditandai dengan rasa takut yang berlebihan bila berat badan bertambah dan gangguan persepsi pada bentuk tubuh. Penderita anoreksia selalu terobsesi untuk memiliki tubuh yang kurus serta melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan tubuh yang ideal menurut mereka.

Demi mendapatkan tubuh yang kurus, tak jarang penderita anoreksia akan berusaha keras membatasi porsi makan seminimal mungkin atau dengan menggunakan obat-obatan seperti obat pencahar dan penekan nafsu makan serta melakukan olahraga secara berlebihan.

Anoreksia Penyakit Gangguan Makan, Begini Faktor Risikonya

Diketahui sebanyak 85-95% penderita anoreksia berjenis kelamin perempuan. Jenis gangguan mental yang satu ini juga umumnya terjadi pada usia remaja.

Selain jenis kelamin dan usia, berikut beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko mengalami anoreksia yakni:

  • Linkungan keluarga yang tidak harmonis seperti komunikasi yang kurang baik, seringnya bertengkar dan sulitnya mengatasi konflik rumah tangga.
  • Pernah mengalami peristiwa yang menyebabkan trauma seperti diperkosa atau bullying terkait berat badan dan bentuk tubuh.
  • Masalah psikologi, seperti tidak menyukai bentuk badan sendiri, rendah diri, sulit mengungkapkan perasaan, perfeksionis, serta mudah merasa kesepian, depresi, cemas dan marah.
  • Anggapan di masyarakat yakni bentuk tubuh langsing adalah sempurna.
  • Terlahir prematur dengan berat badan rendah atau kembar.
  • Ketidakseimbangan kimia di otak yang mengatur rasa lapar.
  • Seringnya melakukan diet.
  • Riwayat anoreksia dalam keluarga.

Pengobatan Anoreksia yang Perlu Dilakukan

Pengobatan anoreksi adalah dengan menangani masalah fisik dan mental. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi, menangani gejala yang dialami, mengembalikan pola makan dan berat badan normal serta memperkuat fisik dan mental pasien.

Penanganan secara Medis

Pada pasien yang mengalami keadaan darurat seperti gangguan irama jantung, gangguan elektrolit atau dehidrasi harus segera diberikan penanganan di rumah sakit. Begitu pula pasien dengan gangguan mental serius, kekurangan nutrisi, dan menolak makan dalam waktu yang lama. pasien akan diminta untuk rawat inap agar dokter dapat melakukan pemantauan rutin terhadap organ vital pasien.

Apabila kondisi pasien cukup parah dokter akan memasang alat seperti selang dari hidung yang tersambung hingga ke lambung untuk pemberian asupan makanan atau dapat disebut nasogastric tube.

Penanganan secara Psikoterapi

Selain penanganan medis yang tak kalah penting yakni penanganan terhadap kejiwaan pasien itu sendiri. Pada pasien dewasa dapat diberikan terapi perilaku kognitif. Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan pola makan normal pasien, agar berat badan dapat bertambah. Selain itu juga, terapi ini juga akan membantu mengubah pola pikir dan perilaku pasien yang tidak sehat serta membangun kepercayaan diri mengenai bentuk tubuh pasien.

Sedangkan pada pasien anak-anak dan remaja, terapi yang dilakukan adalah terapi berbasis keluarga. Terapi ini melibatkan keluarga pasien untuk mengatasi gangguan makan dan membantu pasien mencapai berat badan normal. Terapi ini juga dapat dikombinasikan dengan terapi kelompok bersama sesama penderita anoreksia.

Suplemen Makanan bagi Anoreksia Penyakit Gangguan Makan

entramix

Selain melakukan kedua metode pengobatan di atas, dokter juga akan meresepkan obat-obatan, seperti anti depresan untuk membantu gangguan mental pada pasien serta pemberian suplemen seperti Entramix 185G.

Entramix merupakan produk nutrisi seimbang yang dilengkapi dengan prebiotik Inulin. Ini sebagai pengganti makan atau suplementasi nutrisi bagi orang yang membutuhkan tambahan asupan nutrisi misalnya:

  • Pada lansia
  • Tidak ada nafsu makan
  • Daya tahan tubuh menurun
  • Masa penyembuhan
  • Malnutrisi
  • Anoreksia.

Entramix mengandung karbohidrat 58%, protein 15% dan lemak 27% serta dilengkapi dengan mikronutrien, namun bebas gluten dan laktosa. Sehingga produk ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di saat-saat tertentu seperti pada penderita anoreksia penyakit gangguan makan.
Dapatkan diskon 50% untuk pembelian produk Entramix 185G hanya di K24Klik.com selama FBO 2018. Info selengkapnya lihat di sini.

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*