Share this:

makanan-bernutrisi

Sobat sehat, daya tahan tubuh yang turun merupakan salah satu masalah yang tidak boleh disepelekan. Karena turunnya imunitas tubuh akan berpengaruh pada banyak hal. Selain tubuh jadi lebih mudah terserang penyakit, daya tahan tubuh yang turun juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat imun tubuh turun, badan menjadi lebih mudah merasa capek, lemas, dan jadi malas untuk beraktivitas.

Kekebalan tubuh yang turun dapat ditingkatkan dengan pemberian multivitamin. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Selain dari suplemen, multivitamin juga dapat diperoleh dari makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Berikut ini beberapa jenis makanan atau minuman yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh :

  1. Jus Lemon

air-jeruk-lemon-water

Kandungan vitamin C dalam jus lemon, dapat membantu melindungi tubuh kita dari serangan bakteri, virus, dan radikal bebas. Selain dalam bentuk jus, lemon juga dapat dikonsumsi dalam bentuk perasan lemon hangat.

  1. Oatmeal

Selain mengandung serat, oats juga memiliki sifat anti-mikroba, yang jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu tubuh melawan penyakit.

  1. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik yang sangat baik untuk sistem pencernaan, serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Bawang Putih

bawang-putih-21

Bawang putih mengandung allicin, mineral (zinc), sulfur, selenium, vitamin A, dan vitamin B. Memiliki khasiat sebagai anti jamur, anti virus, dan anti bakteri sekaligus, sehingga bawang putih ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi 1 siung bawang putih mentah setiap hari selama 1 minggu, maka Anda akan mendapatkan manfaatnya secara efektif.

  1. Teh

Teh hitam maupun teh hijau, sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Namun konsumsi teh sebaiknya tidak berlebihan. Cukup 1-2 cangkir sehari.

  1. Daging

Daging kaya akan zinc dan elemen penting yang memiliki kemampuan memproduksi dan memperbanyak sel darah putih, yang dapat membantu melawan penyakit.

  1. Alpukat

Mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral. Alpukat dapat membantu membersihkan usus secara natural.

  1. Jahe

Jahe berkhasiat sebagai antimikroba dan antioksidan yang ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Sayuran Hijau dan Jamur

Selain kaya akan kandungan vitamin, sayuran hijau dan jamur juga mengandung zinc yang dapat meningkatkan sistem imun. Disamping itu, jamur juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat membantu melawan penyakit.

  1. Buah Beri

berri

Khususnya raspberry dan blueberry, mengandung antioksidan yang kuat, yang dapat menguatkan sistem imun. Selain itu, blueberry memiliki kandungan kadar gula yang rendah dibandingkan buah lainnya.

Selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi suplemen alami dari makanan tentunya lebih baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selalu jaga konsumsi harian Anda agar cukup nutrisinya dan dapat memperkuat daya tahan tubuh dari serangan penyakit dalam segala kondisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *