Basmi Jentik Nyamuk dengan Ikan Ini

Published by K24Klik on

Demam Berdarah Dengue, atau DBD, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Seperti yang kita ketahui, DBD merupakan salah satu penyakit langganan yang muncul saat musim hujan tiba. Penyebabnya adalah karena gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Lantas, apa hubungannya DBD dengan musim hujan?

Perlu Anda ketahui, nyamuk Aedes Aegypti dapat berkembang biak dalam genangan air. Tetesan air hujan yang tertampung atau menggenang, merupakan salah satu tempat favorit berkembangnya jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, bak mandi yang jarang dikuras, juga dapat menjadi tempat bertelur dan berkembang biaknya nyamuk ini.

larvapupa_Aedes_albopictus

 

Rajin mengguras bak mandi minimal 2 kali seminggu, merupakan cara yang efektif untuk membasmi habitat nyamuk Aedes Aegypti. Menguras bak ini, bukan hanya sekedar membuang air yang tergenang saja, akan tetapi juga menyikat dinding-dinding bak mandi dengan bersih. Setelah bak mandi dikuras dan diisi kembali dengan air bersih, dapat ditaburi dengan serbuk antiseptik, seperti abate, untuk menjaga kebersihan air di dalam bak dan mencegah perkembang biakan nyamuk Aedes Aegypti.

demam-berdarah

 

Selain rajin membersihkan bak mandi, tahukah sobat sehat jika ada cara lain yang lebih praktis dalam membasmi jentik nyamuk penyebar penyakit tersebut? Caranya adalah dengan memelihara ikan cupang di dalam bak mandi. Mungkin belum banyak sobat sehat yang tahu, bahwa ikan cupang dikenal sangat menyukai jentik nyamuk. Ikan ini dapat menghabiskan banyak jentik nyamuk dalam waktu yang singkat. Cukup tempatkan satu atau dua ekor saja ikan cupang tersebut ke dalam bak mandi Anda. Tidak perlu menempatkan terlalu banyak ikan, karena jika terlalu banyak dapat membuat bak mandi Anda menjadi berbau amis.

ikan cupang

Memelihara ikan cupang di dalam bak mandi, merupakan solusi praktis untuk membasmi habitat nyamuk Aedes Aegypti. Namun, upaya pencegahan lain juga harus tetap dilakukan. Seperti, selalu pelihara kebersihan di lingkungan sekitar Anda, jangan sampai terdapat genangan air yang tertampung dan dibiarkan begitu saja.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *