5 Alat Kontrasepsi yang Aman untuk Pasangan Baru Menikah

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Alat kontrasepsi yang aman untuk pasangan baru menikah
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Saat sudah menikah, hal krusial yang menjadi pertanyaan adalah kapan waktu yang tepat untuk memiliki momongan. Sebagian ada yang ingin langsung hamil dan memiliki anak, namun ada juga yang masih ingin menundanya dengan alasan tertentu. Tak perlu khawatir soal ini karena saat ini sudah banyak alat kontrasepsi yang aman bagi pasangan yang baru menikah untuk menunda kehamilan.  Kali ini tim K24Klik akan membahas alat kontrasepsi yang aman untuk pasangan yang baru menikah. Yuk simak penjelasannya Sobat Sehat!

Alat kontrasepsi yang aman untuk pasangan yang baru menikah (www.freepik.com)

Apa itu Alat Kontrasepsi?

Alat kontrasepsi adalah alat atau cara yang digunakan seseorang untuk mencegah kehamilan. Kehamilan bisa terjadi karena adanya pertemuan antara sperma dan sel telur. Nah, adanya alat kontrasepsi ini mencegah bertemunya hal tersebut. Alat kontrasepsi ini digunakan saat anda akan berhubungan intim bersama pasangan. Untuk pemakaiannya tergantung dari jenis kontrasepsinya karena setiap alat memiliki cara yang berbeda.

Jenis-Jenis Alat Kontrasepsi 

Berikut adalah jenis alat kontrasepsi yang aman digunakan dan memiliki tingkat efektifitas yang bagus untuk menunda kehamilan. 

Pil KB

Salah satu alat kontrasepsi yang paling sering dan umum digunakan. Di dalam pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin sehingga tidak terjadi ovulasi. Pil KB harus dikonsumsi secara berkelanjutan dan dalam 1 siklus. Pil KB memiliki tingkat efektivitas yang tinggi, kurang lebih hanya 8% kegagalan. Orang-orang yang mengonsumsi pil KB biasanya juga mengalami siklus haid yang lancar.

Kondom Pria 

Alat kontrasepsi ini dipasang pada kelamin pria. Tujuannya adalah untuk mencegah sperma masuk saat berhubungan. Selain harganya terjangkau dan mudah untuk dibeli. Kondom ini juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit menular seksual. Namun, alat kontrasepsi kondom ini sifatnya hanya sekali pakai. Jadi, harus pakai yang baru saat akan berhubungan intim lagi. 

Kontrasepsi Suntik 

Jenis kontrasepsi suntik ini terdiri dari 2 jenis, yaitu suntik dengan jangka waktu 3 bulan dan suntik 1 bulan. Alat kontrasepsi ini lebih praktis dan efektif jika dibandingkan dengan menggunakan pil KB. Jika digunakan dengan benar, tingkat kegagalan 1%. Namun, jika memilih jenis kontrasepsi ini tentunya harus rutin ke dokter sesuai dengan jadwal suntik yang ditentukan. Selain itu, kekurangannya adalah dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Namun, kembali lagi pada masing-masing orang karena setiap orang akan mengalami efek yang berbeda. 

Implan 

Jenis kontrasepsi lainnya yaitu implan. Cara kerja jenis KB ini yaitu dengan mengeluarkan hormon progestin. Jangka waktu untuk mencegah kehamilan lebih lama yaitu 3 tahun. Jenis KB ini relatif mahal dan terkadang juga penggunanya bisa mengalami haid tidak teratur. Untuk cara penggunaannya biasanya dimasukkan pada bagian bawah kulit lengan atas. 

Kontrasepsi Alami

Banyak pasangan baru menikah yang masih ingin menunda kehamilan terkadang bimbang untuk menggunakan alat kontrasepsi yang telah disebutkan di atas. Jika demikian, anda bisa memilih kontrasepsi alami yaitu dengan menghitung masa subur dan siklus haid secara manual. Hal ini bisa anda periksa dari suhu tubuh, cairan pada vagina, juga bisa menggunakan kalender. Alat kontrasepsi ini adalah yang paling aman, namun keefektifannya kecil. 

Nah, Itulah beberapa alat kontrasepsi yang bisa anda pilih Sobat Sehat. Jangan lupa untuk tetap konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, kira-kira alat kontrasepsi yang mana sih yang cocok untuk anda. Alat kontrasepsi memang lebih banyak untuk wanita jika dibandingkan pria. Selama kontrasepsi digunakan dengan baik dan benar, maka tingkat kegagalannya kecil.

Selesai sudah penjelasan hari ini mengenai Alat kontrasepsi yang aman untuk pasangan yang baru menikah. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda ya Sobat Sehat!