Karbohidrat Juga Dapat Membuat Tubuh Sehat

karbohidrat juga membuat tubuh sehat

Jangan Hindari Karbohidrat!

Seringkali kita menghindari makanan yang mengandung karbohidrat untuk menjaga kesehatan. Padahal, karbohidrat juga diperlukan oleh tubuh kita. Manfaat karbohidrat seperti membantu kinerja otak lebih baik, mengurangi kembung, memicu produksi hormon serotonin dan mencegah penyakit jantung adalah beberapa alasan yang membuat kita tidak perlu menghindari karbohidrat. KIta hanya perlu memastikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi adalah karbohidrat baik.

karbo baik

Apa itu karbohidrat baik?

Karbohidrat kompleks adalah sebutan untuk karbohidrat yang baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks adalah makanan yang dapat dikatakan alami dan tidak mengalami banyak proses. Karbohidrat jenis ini mengandung banyak serat, kaya vitamin, mineral dan nutrisi penting.

Apa saja manfaat karbohidrat baik?

Selain kaya vitamin dan nutrisi penting, karbohidrat kompleks juga membantu mengawasi kadar gula darah dalam tubuh karena molekulnya yang kompleks membuat karbohidrat jenis ini lebih lambat dicerna. Hal ini membantu menjaga tingkat energi dalam tubuh.

Bagi yang sedang berdiet, karbohidrat kompleks dapat memberikan sensasi kenyang lebih cepat dan menekan nafsu makan. Terlebih lagi, kandungan triptofan dalam karbohidrat kompleks juga dapat memicu produksi serotonin dalam tubuh yang membantu menjaga mood dan membuat kita merasa lebih bahagia.<irv/win>