Waspadai Obat Kadaluarsa, Beli Obat Asli di Apotek

obated

Awal bulan September ini, masyarakat dikejutkan dengan berita mengenai obat kadaluarsa yang diperjualbelikan di Pasar Pramuka. Modus yang dilakukan pelaku adalah menghapus tanggal kadaluarsa di obat tersebut dan menggantinya dengan tanggal yang lebih lama menggunakan nail polish remover dan cotton but. Kondisi ini tentunya sangat meresahkan konsumen dan menimbulkan keraguan ketika membeli obat. Karena sudah pasti, obat kadaluarsa tersebut berbahaya bagi kesehatan.

 

Apa bahaya obat kadaluarsa?

  • Obat berubah menjadi racun bagi tubuh
  • Obat kehilangan zat aktifnya
  • Kualitas obat menurun
  • Hilangnya keseragaman kandungan dan naiknya konsentrasi zat aktif
  • Muncul reaksi alergi setelah pemakaian obat

 

Bagaimana ciri obat yang sudah kadaluarsa?

  • Obat mengalami tanda-tanda kerusakan, seperti :
    1. Obat padat dalam bentuk tablet akan mengalami perubahan bentuk, warna, bau, dan rasa serta mengalami kerusakan seperti muncul noda, berbintik-bintik, berlubang, pecah, retak dan atau terdapat benda asing, jadi bubuk atau lembab, wadah tablet rusak, dan lengket satu dengan yang lainnya.tablet rusak
    2. Obat kapsul akan mengalami perubahan warna pada isi kapsul, kapsul terbuka, rusak, pecah, dan melekat satu sama lain.
    3. Obat berbentuk salep, krim, pasta, dan jeli umumnya dapat mengalami perubahan pada konsistensinya. Seperti bahan dasar salep, krim, pasta, atau jeli menjadi terpisah-pisah dan berair, timbul bau apek, melembut, kehilangan komponen airnya, dan tidak homogen lagi. Tube atau pot wadahnya mengalami kerusakan atau perubahan bentuk.
    4. Untuk obat cair atau sirup umumnya menjadi keruh atau timbul endapan, kekentalannya berubah, warna atau rasa berubah, botol plastik rusak atau bocor.
  • Pada label kadaluarsa, obat yang sudah dipalsukan tanggal kadaluarsanya akan ada perbedaan ketebalan cetak tanggal kadaluarsanya.
  • Kemasan obat kadaluarsa akan terlihat lebih kusam karena telah disimpan selamat bertahun-tahun.
  • Harga obat yang sudah kadaluarsa, umumnya lebih murah dari harga yang seharusnya.

Sebagai konsumen, kita memang dituntut untuk waspada dan jeli dalam membeli obat agar tidak membahayakan kesehatan pribadi maupun keluarga. Belilah obat di apotek yang menjamin keaslian dan keamanan obatnya agar terhindar dari obat kadaluarsa.

Bagikan & sehatkan dunia :
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone