Mitos dan Fakta Diabetes yang Harus Kamu Ketahui

 

Blog diabetes

Sobat sehat, benarkah gula batu atau gula jawa lebih baik daripada gula pasir?

Faktanya :

Setiap 1 sendok teh gula batu mengandung 25 kalori sedangkan setiap 1 sendok teh mengandung 10 kalori. Jumlah kalori dalam dua jenis gula tersebut tidak berbeda jauh dengan kandungan kalori dalam 1 sendok teh gula pasir yang berjumlah 16 kalori.

Berdasarkan saran dari WHO dan Departemen Kesehatan RI, konsumsi gula harian maksimal sehari adalah 6 sendok teh, atau sekitar 25 gram gula pasir.

Jumlah tersebut merupakan total gula yang digunakan dalam membuat minuman manis (teh atau kopi), atau konsumsi makanan manis lainnya seperti biskuit, cake, atau minuman manis lainnya yang dijual dipasaran.

Mengkonsumsi gula lebih dari takaran tersebut akan beresiko diabetes serta mengalami kegemukan.

Selain mitos dan fakta di atas, berikut beberapa mitos dan fakta lainnya mengenai diabetes yang perlu sobat sehat ketahui :

1. Bebas mengkonsumsi makanan sehat

Faktanya, penderita diabetes tetap harus membatasi mengkonsumsi karbohidrat seperti gandum, buah, atau sayuran umbi-umbian. Karena konsumsi yang berlebihan tetap berpengaruh terhadap tingkat gula darah. Konsumsi karbohidrat tersebut juga diimbangi dengan konsumsi sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan sehat lainnya untuk menjaga kestabilan gula darah.

2. Menerapkan pola hidup sehat akan menjauhkan kita dari diabetes

Faktanya, dibutuhkan lebih dari sekedar pola hidup sehat untuk jauh dari diabetes. Salah satunya adalah menjaga diri dari stres karena stres juga dapat memicu diabetes. Salah satunya, karena stres dapat memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan tanpa terkontrol sehingga kadar gula darah pun meningkat.

3. Penderita diabetes harus menjalani diet

Faktanya, penurunan berat badan secara drastis justru memicu timbulnya diet yoyo dan justru memicu kenaikan berat badan yang lebih tinggi dibanding berat badan sebelumnya serta meningkatkan risiko diabetes. Menjalani pola hidup sehat yang diimbangi dengan aktivitas fisik secara teratur justru dapat membantu menurunkan berat badan secara perlahan dan membantu menjaga kadar gula darah.

diabetes (1)

4. Penderita diabetes dilarang konsumsi makanan manis

Fakta, meski penderita diabetes harus membatasi konsumsi makanan manis atau makanan lain yang mengandung gula, namun bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Penderita diabetes dapat mengganti gula yang biasa digunakan dengan gula rendah kalori.

5. Penyakit diabetes dapat menurun

Fakta, tidak semua penderita diabetes akan menurunkan penyakit yang sama kepada anaknya. Apabila keturunan diabetes dapat menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga, risiko terkena diabetes akan semakin kecil.

6. Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan kaya kabohidrat.

Fakta, penderita diabetes masih boleh mengonsumsi karbohidrat dengan porsi yang dianjurkan dokter. Disarankan untuk mengganti nasi dengan nasi merah, kentang, serta gandum.

Cake stroberi yang manis yang dinikmati dengan secangkir kopi memang moodbooster yang sempurna ya sobat sehat. Tapi, tetap ingat takaran maksimal gula harian yang diperbolehkan, ya. Ganti gula sobat sehat dengan gula rendah kalori yang dapat dibeli melalui www.k24klik.com. Dan jangan lupa untuk selalu memantau kadar gula darah dengan rutin melakukan cek gula darah. Karena menjaga lebih baik daripada mengobati.(Dev/Wind)

 

Sumber : dari berbagai sumber

Bagikan & sehatkan dunia :
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone