Kenali Gejala dan Tanda TB untuk “EndTB”

Published by K24Klik on

Blog Hari TB

“2017 adalah tahun kedua dari dua tahun kampanye WHO untuk hari TB sedunia “unite to end TB”. Tahun ini, WHO menempatkan fokus khusus agar semua negara menyatukan langkah dalam menerapkan strategi #EndTB, termasuk tindakan untuk melindungi hak-hak semua yang terkena dampak TB, mengatasi stigma, diskriminasi, marginalisasi dan mengatasi hambatan untuk mengakses perawatan TB bagi penderita.”

 

Tuberkulosis masih menjadi pembunuh utama secara global. Tuberkulosis disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menghasilkan penyakit aktif baik berupa infeksi laten atau progresif. Apabila tidak diobati atau diperlakukan tidak benar, TB dapat menyebabkan kerusakan jaringan progresif hingga mengakibatkan kematian. Mengenali tanda dan gejala TB adalah salah satu langkah untuk mengurangi resiko tersebut.

Berikut tanda dan gejala seseorang yang menderita TB :lungs
1. Batuk berdahak secara terus menerus selama 3 minggu atau lebih,
2. Batuk darah atau pernah alami batuk darah,
3. Sesak nafas disertai nyeri dada,
4. Badan terasa lemah,
5. Nafsu makan berkurang,
6. Berat badan menurun,
7. Merasa kurang enak badan (malaise),
8. Berkeringat pada malam hari tanpa kegiatan, dan
9. Meriang lebih dari sebulan.

Apabila disekitar #sobatsehat ada yang mengalami keluhan di atas, sarankan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit, puskesmas atau dokter.
Penderita sebaiknya juga tidak diberikan obat-obatan seperti obat sesak, demam ataupun obat penambah nafsu makan dan lainnya. Tujuannya agar gejala tersebut tidak hilang dan penderita tidak mengalami gagal dalam diagnosa.<Na/Dev>

 

Sumber : Pharmaceutical Care untuk Penyakit Tuberkulosis, Depkes RI, Jakarta.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *